8 Software Viewer Data GIS Gratis Tanpa Bayar

8 Software viewer data GIS gratis - Jika Anda hanya sekedar browse atau melihat (view) bentuk atau format data GIS yang diterima, Anda tidak perlu beli (bayar) lisensi. Ada beberapa software viewer data GIS terbaik yang bisa Anda download secara gratis (free) di Internet.

8 Software Viewer Data GIS Gratis Tanpa Bayar

Software viewer data GIS memang tidak memiliki fungsionalitas yang lengkap layaknya software GIS terbaik (ArcGIS). Tetapi jika kebutuhan Anda untuk browse data GIS saja, beberapa rekomendasi software viewer data GIS dibawah ini mungkin dapat Anda coba.

Baca juga8 Software GIS Terbaik Berbayar dan Gratis

8 Software viewer data GIS gratis


1. ArcGIS Explorer Desktop


ArcGIS Explorer Desktop adalah software viewer data GIS terbaik. Software ini selain berfungsi sebagai browse data, juga memiliki fitur lain seperti penambahan basemap (street map, citra satelit, topografi), video dan foto yang terintegrasi dengan ArcGIS server.

Hebatnya lagi, ArcGIS Explorer Desktop bisa melakukan analisis spasial contohnya pemodelan dan pencarian data (proximity). Sayangnya, software ini sudah tak dikembangkan lagi oleh ESRI sejak 2017. Walaupun sudah retired, ArcGIS Explorer tersedia diunduh untuk khayalak umum.


TatukGIS Viewer adalah aplikasi yang dibuat oleh TatukGIS, sebuah perusahaan di Polandia yang bergerak di bidang Teknologi GIS. TatukGIS viewer dapat melihat data GIS seperti vektor (shp), raster (GeoTIFF), database (SQL) dan file suatu project yang ada data spasialnya.

Tak perlu risau perihal editing, exporting, visual 3D, dan transformasi koordinat data GIS Anda. TatukGIS viewer bisa diandalkan. Walaupun fitur yang dimiliki terbatas, setidaknya Anda tak perlu bayar ratusan juta hanya untuk browse data GIS semata.


Geomatica Freeview adalah software besutan PCI Geomatics yang menampilkan format data raster dan vektor untuk melihat (view), zoom, dan penajaman (enhancement). Beberapa utilitas pengolahan imagery dari software ini seperti blending, swipe dapat Anda temukan.

Software yang dikatakan versi gratisnya PCI Geomatics ini memiliki fungsi tambahan yaitu adanya kustomisasi algoritma untuk analisis lebih lanjut pada data RADAR & Citra Satelit. Selain itu terdapat proyeksi sistem koordinat, print dan export map ke KML ( Format Google Earth).


Geomedia Viewer adalah aplikasi view data GIS untuk menampilkan, menganalisis dan mencetak peta. Transformasi sistem koordinat peta bisa ditemukan pada software ini. Anda pun dapat melakukan query dan analisis sederhana pada data spasial dan atributnya.

Tampilan software ini sangat friendly user sehingga mudah dipelajari bagi pemula sekalipun. Tak perlu khawatir soal lisensi, GeoMedia Viewer ini gratis tanpa bayar. Kecuali bila Anda berminat membeli software GIS utama mereka.

5. ERDAS ViewFinder


ERDAS ViewFinder ad.alah aplikasi penampil cepat data raster GIS berformat TIFF (termasuk GeoTIFF) yang dikembangkan oleh pihak ERDAS sebagai kebutuhan analisis stereo (3D) dan manipulasi raster.

Software ini bisa melakukan penajaman (enhancement), overlay dan reproyeksi sistem koordinat data raster yang sebelumnya telah georeference. Tampilan aplikasi ERDAS ViewFinder dikemas sangat sederhana dan tentunya ramah user.

6. TNTatlas


TNTatlas adalah software Viewer data GIS gratis yang mampu menyajikan data spasial Anda ke dalam suatu layout yang cantik. Software ini juga bisa menampilkan data AutoCAD (format DWG), raster dan database. Aplikasi GIS ini gratis dan instalasinya tersedia dalam Windows dan Mac.

7. TerraExplorer


TerraExplorer adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Skyline Global sebagai penyedia viewer data 3D geospasial yang powerful dan realistis. Selian sekedar melihat data 3D, sofware ini bisa melakukan query, analisis, dan pengukuran data spasial seperti jarak, kemiringan dan volume.


Sebelumnya ada ArcExplorer, sekarang ArcReader. Apa perbedaan keduanya (ArcReader vs ArcExplorer)?. 

ArcReader adalah aplikasi viewer data GIS gratis dari ESRI dimana user dapat melakukan zoom, geser, identifikasi fitur, dan print preview peta. Biasanya hasil olahan peta di ArcMap disimpan dalam format pmf agar dapat dibuka dalam keadaan offline oleh orang lapangan.

Sedangkan ArcExplorer, pengguna dapat menambahkan data layer, perubahan simbol, dan analisis spasial sederhana yang mana kegiatan tersebut terhubung oleh ArcGIS Server. Oleh sebab itu, ArcExplorer membutuhkan koneksi internet. 

Demikian Artikel 8 Software Viewer Data GIS Gratis Tanpa Bayar. Jika ada pertanyaan, komen saja di bawah. Semoga bermanfaat.

0 Response to "8 Software Viewer Data GIS Gratis Tanpa Bayar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel